Lanjut ke konten

D T A

DTA Masyariqul Anwar – Dahulu dinamakan MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) setingkat dengan Pendidikan SD, namun DTA Memprioritaskan Pendidikan Agama dengan Kurikulim AGAMA.

Latar Belakang

Untuk menyempurnakan kurangnya waktu pendidikan agama di sekolah umum (SD) yang hanya dua jam per minggunya, para orang tua sebaiknya menyekolahkan anak-anaknya di Diniyyah Takmiliyyah Awaliyah (DTA).

Hal itu bertujuan, agar siswa memiliki pondasi yang kuat dan menjadi generasi mendatang yang lebih baik. Selama ini banyak kalangan menilai pendidikan agama di sekolah umum sangat kurang karena waktunya sangat terbatas padahal materi pelajaran agama sangat luas.

Pendidikan agama bagi anak yang hanya dua jan setiap minggunya jelas masih jauh dari mencukupi. Karenanya disarankan agar para orang tua memasukan anaknya ke DTA.

Untuk penyempurnaan pendidikan agama bagi siswa sekolah dasar, maka orang tua akan lebih bijaksana jika memasukan anaknya ke DTA selain sekolah di sekolah umu (SD). Sebab pendidikan agama di sekolahumum jelas masih kurang bahkan sangat jauh jika tidak ditopang di sekolah Diniyyah Takmil-iyyah Awaliyah.

Dengan menyempurnakan pendidikan di DTA, anak akan lebih khusus lagi mendapatan pendidikan agama tentang pelajaran Al-Quran, hadist, tafsir, Fiqih ibadah, ahlak, sejarah kebudayaan Islam (SKI), bahasa arab dan pratek ibadah. Penyempurnaan melalui DTA ini sesuai Perda No 24/2009 tentang wajar dikdas Dniyyah Takmiliyyah Awaliyah.

Dengan adanya Perda tersebut, tentu saja konsekuensi dari regulasi tersebut sangat kuat dimana pemerintah harus mendorong siswa SD belajar di DTA.

DTA Masyariqul Anwar, hadir sejak didirikannya untuk menjawab tantangan tersebut, di lain pihak, keberadaanya sebagai lembaga pendidikan non-formal tetap dan wajib didukungan oleh pemerintah Kab. Karawang dalam hal kebijakan pendidikan untuk menunjang eksistensi dan kelangsungan pendidikan Islam bagi generasi penerus ke depannya yang berakhlakul karimah.

 

Kegiatan Cerdas Cermat Agama yang diikuti oleh santriwan-santriwati DTA Masyariqul Anwar yang digelar untuk unjuk kebolehan dalam bidang pendidikan Islam Dasar dalam rangka memeriahkan Isra Mi`raj 1431 H.

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: