Skip to content

A. Deedad Sang Pendebat Ulung

24 Oktober 2010

AHMAD HOOSEN DEEDAT

Kristolog Muslim Penyebar Agama Samawi

(Lahir di India, 1918 M)


 

Adalah tokoh muslim yang dikenal sebagai ulama serta kritolog di kawasan Afrika Selatan. Sekalipun sebagai tokoh muslim, Ahmad Deedad dikenal sebagai kristolog yang menguasai kajian-kajian Kristen. Kemampuannya  mendalami materi dalam agama Kristen mampu mengalahkan pendeta-pendeta Kristen. Penguasaan terutama terhadap bibel- melebihi kebanyakan pendeta. Bukan rahasia umum bahwa di era modern ini bahwa “mendakwahkan” agama kerap melahirkan persaingan bahkan permusuhan. Karena kepandaiannya dalam “bersaing dan berdebat dengan kalangan misi religis, mampu membawa ribuan orang memeluk Islam. Kontribusi sangat besar dalam menghadang langkah misionaris Kristen dunia. Deedad sanggup merubah paradigma Islam yang sempat dilecehkan kalangan Yahudi dan Nasrani menjadi sebuah eksistensi religis yang diakui kebenarannya. Sebuah penghargaan bergengsi dalam dunia Islam atas peran dan jasanya, Ahmad Deedad mendapat anugerah Certificate of King Faisal International Award for Service to Islam.

 

Ahmad Deedad mendapat anugerah Certificate of King Faisal International Award for Service to Islam.

 

Ahmad Deedad berasal dari kalangan miskin. Namun, hidup menjadi orang miskin bukanlah rintangan dalam memperjuangkan kebenaran al-Islam. Ahmad Deedad lahir di Surat, India tahun 1918. Berasal dari keluarga tidak mampu, hanya anak seorang penjahit yang tidak berkelas. Namun kondisi itu memacu jiwanya untuk terus maju dalam menggapai keluasan ilmu. Membaca dan terus belajar, carilah ilmu mulai dari kandungan sampai ke liang kubur, seakan menjadi semboyan dalam hidupnya.

Sekalipun seorang muslim, Deedat dikenal di kalangan para Nasrani dan Yahudi. Hal ini tidak lepas dari sepak terjangnya yang kerap membuat tokoh-tokoh yahudi dan nasrani kelabakan dalam mematahkan argumennya seputar kehidupan agama yang dianut mereka. Dalam buku yang berjudul The Choice yang berkisar dialog antara Islam dan Kristen, Deedat menunjukkan sebuah pencerahan mengenai kebenaran isi tentang Al Quran serta kelemahan-kelemahan dalam bibel. Dalam perdebatan dengan para tokoh Kristen yang terkenal seperti halnya Anis Shorros melalui bukunya yang berjudul  The True Furqan yang banyak mengambil kutipan dari injil, sempat dibuat kelabakan oleh argumentasi Deedat. Sebagai sang pendebat ulung, Deedat juga mendirikan Institut as-Salam sebagai tempat bagi murid muslim yang ingin menimba ilmu darinya.

 

Anis Shorros (pendeta nasrani terkenal) yang kelabakan melawan argumendari Ahmad Deedat, tertuang dalam buku berjudul The Choice.

 

posted by Taufiq Akbar

Source : (BUKU) TOKOH-TOKOH MASHUR DUNIA ISLAM ~ ABDILLAH F. HASAN

2 Komentar leave one →
  1. Save My Indonesia permalink
    1 November 2010 11:33 pm

    Mengapa harus selalu “berjuang” mengislamkan dunia dengan cara mencari2 kesalahan atw kekurangan agama lain?? apakah sudah ada jaminan bahwa agama Islam itu benar2 tidak ada sesuatu yang salah??

    • 3 November 2010 10:33 pm

      Nah, pendapat aga NGAWUR nih…
      Dalam Islam tidak ada istilah “mengislamkan” non islam (jika itu yang dimaksud).
      Sangat jelas konsep hubungan islam dengan agama lain, coba simak uraian di bawah ini (Al Kafirun):

      Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum Quraisy berusaha mempengaruhi Nabi saw. dengan menawarkan kekayaan agar beliau menjadi seorang yang paling kaya di kota Makkah, dan akan dikawinkan dengan yang beliau kehendaki. Usaha ini disampaikan dengan berkata: “Inilah yang kami sediakan bagimu hai Muhammad, dengan syarat agar engkau jangan memaki-maki tuhan kami dan menjelekkannya, atau sembahlah tuhan-tuhan kami selama setahun.” Nabi saw menjawab: “Aku akan menunggu wahyu dari Tuhanku.” Ayat ini (S.109:1-6) turun berkenaan dengan peristiwa itu sebagai perintah untuk menolak tawaran kaum kafir. Dan turun pula Surat Az Zumar ayat 64 sebagai perintah untuk menolak ajakan orang-orang bodoh yang menyembah berhala.
      (Diriwayatkan oleh at-Thabarani dan Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

      Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa kaum kafir Quraisy berkata kepada Nabi saw.: “Sekiranya engkau tidak keberatan mengikuti kami (menyembah berhala) selama setahun, kami akan mengikuti agamamu selama setahun pula.” Maka turunlah Surat Al Kafirun (S.109:1-6).
      (Diriwayatkan oleh Abdurrazaq yang bersumber dari Wahb dan Ibnul Mundzir yang bersumber dari Juraij.)

      Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa al-Walid bin al-Mughirah, al-‘Ashi bin Wa-il, al-Aswad bin Muthalib dan Umayyah bin Khalaf bertemu dengan Rasulullah saw dan berkata: “Hai Muhammad! Mari kita bersama menyembah apa yang kami sembah dan kami akan menyembah apa yang engkau sembah dan kita bersekutu dalam segala hal dan engkaulah pemimpin kami.” Maka Allah menurunkan ayat ini (S.109:1-6)
      (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Sa’id bin Mina.)

      LAKUM DIINUKUM WA LIYADIIN : “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (Q.S AL KAFIRUN :6)

      So, Itulah islam, tidak memaksakan dakwahnya.
      A. Deedad merupakan seorang akademisi, bukan seorang misionaris, mempelajari agama lain dan membandingkannya memang ada dalam dunia akademis atau dikenal dengan istilah teologi. Dan tidak ada salahnya jika seorang peneliti menyampaikan hasil penelitiannya. Yang menjadi masalah.. orang-orang yang tidak bisa menerima kenyataan dan tetap berdiri di dalam kesalahan itu, dan islam tidak memaksakan, (sekali lagi). Silahkan simak uraian debat A. Deedad. Buktikan sendiri keilmiahannya.

      QS Ali Imran 19,
      Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu karena kedengkian diantara mereka.”

      Sangat terlalu tidak LUCU, jika masih berdebat ttg hal ini, karena sudah terjadi, dimulai dan disimpulkan oleh para ilmuwan dulu (tersebut di atas).

      mudah-mudahan berkenan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: