Skip to content

Kabar DTA di Karawang ?

29 Oktober 2010

MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) adalah lembaga pendidikan Islam non formal yang telah dikenal sejak lama bersamaan dengan masa penyiaran Islam di nusantara. TPA-TPA dilingkungan masyarakat jg termasuk didalamnya, Tujuan daripada MDA ini adalah untuk membekali anak tentang pengetahuan agama sejak dini. Nah bagaimakah Kabar MDA atau DTA di Karawang ??

Pendidikan agama memegang peranan yang sangat menentukan bagi setiap orang untuk mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, tanpa pendidikan agama seseorang hidupnya tidak akan terarah. Karena itu pendidikan agama mutlak diberikan sejak din.

Menengok ke Prop Jabar, MDA sudah digalakkan. Menurut wacana kedepan, MDA di prop. Jabar ini akan dijadikan pendidikan formal setara dengan SD namun namanya diubah menjadi DTA (Diniyah Takmiliyah Awaliyah) sesuai dengan surat Kanwil Dep. Agama Prop Jabar No :Kw.10.5/I/PP.00.7/1263/2008 tanggal 5 Mei 2008 tentang perubahan nama tersebut.

Namun, di Prop. Jabar cuma baru satu kabupaten yang berani mewajibkan adanya DTA tersebut, yaitu kab.Indramayu. Di kab Indramayu anak2 yg sekolah di SD juga harus sekolah di DTA, artinya mereka harus sekolah di dua lembaga, pagi di SD dan sore di DTA.
Tanpa mempunyai ijazah SD dan DTA, di kab Indramayu tidak memperbolehkan anak masuk ke jenjang SLTP atau sederajatnya. Sampai saat ini tercatat ada 250 DTA yg ada di Indramayu. Sumber dana yg diambil adalah dari iuran SPP bulanan anak, dan sebagian lagi tunjangan dari pemerintah daerah setempat. Sungguh luar biasa, Ini yang membuat saya salut, dan timbul pemikiran gimana kalau Kab Karawang bisa seperti itu juga?

Mungkin Karawang akan menjadi kota santri yang tiap pagi dan sore hari anak pulang pergi mengaji, dengan hilir mudik berganti menyandang kitab suci. subhanallah….

Berita ini pun menjadi harapan bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia, salah satunya di daerah Gunung Kidul yang masyarakatnya mendorong pemerintah setempat untuk menggalakan pendidikan Islam bagi usia dini. (http://www.wonosari.com/sekolah-pendidikan-f67/gimana-nasib-mda-dta-di-gk-t6157.htm)

Tentunya harapan tersebut tidak kalah besar dengan harapan masyarakat Karawang, khususnya di lingkungan Gintungsalam – Gintungkerta Kec. Klari. dan semoga harapan tersebut bisa terwujud suatu saat kelak.


 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: