Skip to content

Perempuan adalah Penunjuk Arah Terbaik

3 Februari 2011

Perempuan mungkin tidak pandai membaca peta, namun mereka adalah seorang navigator yang lebih baik ketimbang laki-laki. Perempuan dinilai memiliki kemampuan lebih baik dalam menunjukkan arah ke sebuah tempat yang pernah dikunjunginya.
Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, jika laki-laki memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menemukan tempat-tempat baru, maka perempuan jauh lebih baik dalam mengingat tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi sebelumnya. Hal ini diyakini, karena perempuan dinilai lebih baik dalam mengingat petunjuk atau tanda-tanda dibandingkan lelaki, sehingga mereka tidak perlu mencari rute lagi.
Para ilmuwan dari Meksiko percaya bahwa ini ada hubungannya dengan perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan yang diadopsi dari masyarakat peradaban masa lalu. Kaum laki-laki diketahui lebih pandai dalam mencari mangsa yang bergerak, sementara perempuan memiliki ingatan yang lebih tajam dalam menemukan tempat yang ditanami sumber makanan seperti buah dan kacang.
Dalam penelitian yang telah diterbitkan dalam Evolution and Human Behaviour ini, para peneliti mengamati penduduk desa terpencil di Meksiko dan meminta kaum laki-laki dan perempuan disana untuk mengumpulkan jamur.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kedua kelompok partisipan, baik laki-laki dan perempuan, kembali dengan jumlah jamur yang sama. Namun bedanya kaum laki-laki harus mengeluarkan energi 70 persen lebih banyak ketimbang kaum perempuan.
“Temuan ini menunjukkan bahwa perempuan memiliki kemampuan lebih baik dan lebih siap untuk mengadopsi strategi pencarian yang tepat untuk pertemuan sosial daripada laki-laki,” ucap Pacheco Luis-Cobos, pemimpin penelitian di National Autonomous University of Mexico di Mexico City.

 

Sumber:http://bit.ly/eui0Ez

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: