Skip to content

Nikmatnya Tidur Setelah Shalat Subuh

20 Januari 2011

Disadur dari Kompasiana:

Pagi ini ada kebiasaan yaKarawang timurng agak berbeda dari saya, yaitu saya tidak tidur setelah shalat subuh. Sebenarnya bukan kebisaan saya juga sih tidur setelah subuh. Tapi bagi saya pribadi yudur setelah subuh rasanya berbeda dengan tidur-tidur diwaktu selain setelah subuh. Nikmat banget tidur setelah subuh. Padahal tidur setelah subuh kurang baik.

Ada hadist yang diriwayatkan dari ‘utsman radhiallahu’ anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu’ alaihi wassalam bersabda, tidur shubuh itu mencegah dari rezki (menjauhkan dari rezki). hadits ini dha’if jiddan lihat Dha’if at-Targhiib wa Tarhiib I/262 no. 1046

Syaikh Abdul Bari Fathullah al-Hindi menasehati kita untuk bersungguh-sungguh mempergunakan waktu pagi dengan segala sesuatu yang bermanfaat khususnya muraja’ah ilm syar’I atau hafalan qur’an dan menjauhkan diri dari tidur pagi karena akan banyak sekali berkah yang terlewatkan dari waktu pagi tersebut. Beliau memberikan nasehat yang sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam yangshahih yaitu “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya” HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 169.

Ketika adzan subuh berkumandang sudah ada peringatan yang mengatakan bahwa shalat lebih baik dari pada tidur. Waktu Subuh hingga matahari terbit adalah waktu yang penuh barokah yang seharusnya kita manfaatkan dengan optimal. Rasulullah SAW memberikan contoh dengan tidak pernah tidur lagi usai mendirikan sholat Subuh di masjid. Berdzikir, tilawah dan tadabbur Al-Qur’an adalah amalan yang bisa dilakukan ba’da sholat Subuh hingga terbit matahari. Banyak dzikir ma’tsurat diajarkan oleh beliau yang bisa diamalkan.

Tidak banyak manfaat yang kita dapatkan dari tidur setelah subuh. Banyak aktifitas yang lebih bermafaat yang bisa kita lakukan selain tidur. Setelah shalat subuh kita bisa berzikir trus olah raga, kemudian menulis deh. Semoga kita bisa menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW yang tidak tidur setelah subuh, amien.

http://filsafat.kompasiana.com/2009/12/24/nikmatnya-tidur-setelah-shalat-subuh/

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: